Sabtu, 25 Oktober 2014

CONTOH PROPOSAL USAHA




PROPOSAL USAHA
“ Mengangkat Produk Lokal “
GREEN PRODUCTION
(TANGAN SUNDA MENDUNIA)
Proposal Usaha Ini Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti
Ujian Kompetensi Praktek ( UJIKOM )

                                                                    
Disusun Oleh :
RISMAYANTI
Nis.111.210.050

KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
YAYASAN AL-MUCHTAR
SMK ISLAM TERPADU DAARUL ABROR
2014/2015







KATA PENGANTAR

       Puji beserta syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya,sehingga penyusun dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini . Tidak lupa Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad  SAW.
        Adapun maksud dan tujuan penyusun dalam menyusun proposal usaha dengan tema mengangkat produk lokal yang berupa “ GREEN PRODUCTION “ adalah untuk memenuhi salah satu syarat Ujian Kompetensi tahun ajaran 2014-2015 yang dilaksanakan di SMK IT DAARUL ABROR. Dengan adanya proposal usaha ini penyusun berharap khususnya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi penyusun,dan umumnya semoga penyusunan proposal ini dapat menjadi referensi bagi semua wirausahawan baru dalam menyusun proposal ataupun dalam menjalankan usahanya.Dan penyusunpun menyadari bahwa proposal usaha ini masih sangat jauh dari kata sempurna.
         Dan dalam penyusunan proposal usaha ini penyusun mendapatkan banyak bantuan dan dukungan baik itu dari pihak sekolah,pihak keluarga,dan sahabat-sahabat. Maka dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan banyak terima kasih.


Garut,07 Februari  2014


                                     Penyusun







DAFTAR  ISI
LEMBAR PENGESAHA
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………..
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………….
DATA-DATA USAHA ……………………………………………………………….
a.      Nama Usaha                         
b.     Bentuk Usaha
c.      Nama produk
d.     Segmentasi produk
e.      investasi
BAB I. PENDAHULUAN
         1.1 Latar Belakang Usaha ……………………………………………………….
         1.2 Visi dan Misi ………………………………………………………………..
BAB II. ANALISA USAHA DAN MARKETING MIX
   2.1Analisa Usaha ………………………………………………………………
                   2.1.1 Analisa Konsumen ……………………………………………………..
                   2.1.2 Analisa Produk …………………………………………………………
                   2.1.3 Analisa Kompetitor …………………………………………………….
         2.2 Marketing Mix …………………………………………………………….
                   2.2.1 Product(produk)
                     2.2.2 Place (tempat)
                     2.2.3 price (harga)
                     2.2.4 promotion (promosi)
  BAB III  Operasional Usaha ………………………………………………………...
         3.2.1 Perhitungan Modal ……………………………………………………
         3.2.2 Proses Produksi ……………………………………………………….
         3.2.3 Harga Jual ……………………………………………………………
         3.2.4 Perhitungan R/L ……………………………………………………..
         3.2.5 Analisa Keuntungan …………………………………………………
BAB IV  PENUTUP
        4.1 Kesimpulan ………………………………………………………………….
        4.2 Lampiran-Lampiran ………………………………………
DATA-DATA USAHA

*     Nama Usaha
Nama usaha yang saya ciptakan adalah usaha yang diambil dari produk lokal yang berupa karya tangan sendiri seperti tempat pensil,macam – macam pin,tempat hp,dan aksesoris lainnya dengan nama “ GREEN PRODUCTION “

*     Nama Produk
Untuk nama produk saya ambil dari warna favorit saya sendiri agar mudah di ingat  yaitu “ GREEN PRODUCTION “karena nama ini sudah terkenal dan tidak asing lagi untuk di dengar.

*     Nama Pemilik
Usaha ini didirikan oleh seorang wanita calon pengusaha sukses yang sedang merintis usahanya, yang terlahir di kota GARUT,14 Oktober 1995 yaitu “ “ sebagai pemilik usaha “ GREEN PRODUCTION “




















BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

           Banyak sekali jalan menuju kesuksesan,salah satu diantaranya dengan membuat cikal bakal bisnis yang di harapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa.
            Bisnis adalah sebuah pembelajaran,dimana membutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu.Oleh karena itu,bisnis harus di mulai sejak dini,sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.     
            Dalam dunia bisnis pada saat ini banyak sekali karya tangan yang bermunculan termasuk aksesoris,karena trendnya zaman sekarang para remaja banyak yang berminat untuk memiliki banyak aksesoris hampir semua yang mereka miliki khususnya untuk kaum remaja putri selalu  ingin ada aksesorisnya.tapi sayangnya banyak beredar aksesoris yang kurang menarik dan kurang kreatif juga banyak juga aksesoris yang tulisannya kurang bermoral .jadi daya jual nya pun menjadi berkurang dan tulisan yang kurang bermoral itulah yang akan memperngaruhi remaja itu sendiri.
kebanyakan nya pun bukan karya tangan asli  para remaja Indonesia biasanya di buat oleh para orang tua,jarang sekali anak muda pada zaman sekarang yang mau berkarya dengan tangannya sendiri inginnya banyak yang praktis.oleh sebab itu,inilah yang di jadikan peluang untuk penyusun membuat produk untuk para remaja dan di buat oleh karya tangan anak bangsa sendiri jadi produk yang akan di hasilnya kan sesuai dengan keinginan pasar.karena yang membuat dan yang menjadi segmentasinya pun sama-sama remaja.
            Semoga dengan terciptanya produk ini maka permintaan terhadap produk lokal semakin meningkat,terutama pada produk yang kami ciptakan.  




1.2 Tujuan Usaha

*     Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan kepuasan bagi konsumen
*     Menciptakanlapangan pekerjaan untuk yang lainnya.
*     Memnuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.
*     Menciptakan peluang usaha baru.


Visi Usaha
        “ Menjadikan GREEN PRODUCTION menjadi produk yang berkualitas tinggi dan bisa bersaing di kancah internasional.“


Misi Usaha
*     Menciptakan produk yang berkualitas tinggi secara produk dan moral.
*     Mengutamakan pelayan dengan cepat dan tepat efisien dan berkualitas..
*     Menciptakan inovasi dan kreatifitas tinggi sesuai kebutuhan pasar.
*     Menjadikan GREEN PRODUCTION produk yang melekat di benak masyarakat dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi.
*     Menciptakan layanan purna jual yang memuaskan dengan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif.












BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Analisa Usaha
  2.1.1 Analisan Konsemen
Segmentasi yang saya pilih yaitu semua kalangan masyarakat,khususnya siswa-siswi SMP,SMA,GURU,dan masyarakat yang berada di wilayah sekitar Cibiuk, Menurut data yang di dapatkan penduduk di daerah cibiuk termasuk SMK IT daarul abror kurang lebih 900 jiwa yang saya asumsikan setengahnya yang akan membeli yaitu 450 orang  jadi ketika perhari saya produksi 100 buah berpeluang besar untuk habis.
            Namunkedepannya saya berharap “GREEN PRODUCTION “ mampu menguasai pasar nasional bahkan internasional.
2.1.2 Analisa Produk
           Dalam hal ini saya menggunakan SWOT analisis,yakni dengan menganalisis kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari produk tersebut.
A.    Strengh ( Kekuatan )
               Kekuatan dari produk ini yaitu,antara lain :
*     Produk berkualitas
*     Harga terjangkau
*     Bentuk produk menarik
*     Banyak di cari oleh para remaja.
*     Banyak di butuhkan juga oleh masyarakat luas.
*     Tahan lama.
*     Bentuk bisa di pesan sesuai dengan keinginan.

B.    Weeknest ( Kelemahan )
                 Adapun kelemahan dari produk ini yaitu,antara lain :
*     Banyak produk sejenis  yang sama.
*     Produk tidak setiap hari di butuhkan.

C.    Oportunity ( Peluang )
                  Peluang dari produk ini untuk laku di pasaran yaitu,antara lain :
*     Banyak orang yang menyukai aksesoris khususnya remaja putri.
*     Permintaan pasar terhadap aksesoris sangat tinggi karena sedang trend masa kini.
*     penduduk di daerah mana pun rata-rata kebanyakan yaitu kaum perempuan.

D.    Treath ( Ancaman )
      Ancaman bagi produk ini yaitu, antara lain :
*     Adanya pesaing baru yang meniru produk tersebut
*     Banyaknya pesaing-pesaing yang sudah ada sebelumnya


    2.1.3 Analisa Kompetitor
             Dalam usaha ini untuk hal pesaing cukup banyak bagi produk tersebut.Mulai dari produk yang sejenis sampai dengan produk yang dapat di menggantikan produk tersebut.jika di daerah cibiuk sendiri belum ada yang menjual khusus aksesoris.Adapun pesaing yang sudah ada di daerah luai cibiuk di antaranya yaitu :
*     Pasar limbangan.
*     Pasar lewigoong.
2.2 Marketing  Mix
            Sering disebut juga dengan analisis 4P (Product,Price,Place,and Promotion).
a.      Product ( Produk )
            Produk yang saya ciptakan yaitu “GREEN PRODUCTION“. Dengan berbahan dasarkan dari berbagai jenis kain flannel,bahan kaos dan bahan kain yang lainnya yang dapat mudah di dapat di pasar dan harganya pun terjangkau bahan dasarnya pun bisa di peroleh dari bahan sisa-sisa dari  tukang jahit yang berkualitas jadi bahan baku tidak melambung terlalu inggi.dan bahan baku tidak susah untuk di dapatkan.dan ketika bahan baku mahal masih banyak alternatif yang bisa di gunakan.
Cara pembuatannya pun tidak sulit dan tidak banyak membuang waktu dalam waktu 10 jam saja kita bisa menghasilkan 100 buah produk.dan kemasannya pun di kemas dengan menarik dan praktis  dengan kemasan yang di desain khusus yang bisa di gunakan tidak hanya untuk kaum remaja saja juga keseluruhan secara umum ada yang terbuat dari kertas dan juga plastik.

b.     Price ( Harga )
           Untuk harga yang saya tetapkan yaitu dengan harga rata-rata dari pesaing sejenis,dengan harga jual produk mulai dari harga Rp.2000  perbuah. .Namun harga tersebut dapat berubah sesuai dengan perubahan biaya produksi dan biaya lainnya keunggulan ini juga dengan harga murah konsumen dapat mendapatkan barang yang menarik juga berkualitas.
c.      Place ( Tempat )
           Tempat pelaksanaan pemasaran produk saya, untuk sementara akan di laksanakan di SMK IT DAARUL ABROR yang beralamatkan Jl.Raya Limbangan-Lewigoong Ds.Cibiuk Kaler Kec.Cibiuk Kab.Garut.dan untuk selanjutnya akan di buka beberapa cabang di beberapa tempat yang strategisseperti pasar limbangan,pasar leuwigoong dan  juga garut kota.

d.     Promotion ( Promosi )
           Dalam hal promosi produk tersebut akan saya jual dengan cara membuka stand di lapangan SMK IT DAARUL ABROR dan  di sekitarnya dengan bentuk promosi dari mulut ke mulut,direct selling dan sekolah ke sekolah brosur juga door to door.

















2.3 Operasional Usaha
    2.3.1 Perhitungan Modal
a. Modal Tetap                   
NO
NAMA ALAT
HARGA
1
Alat penempel lem lilin               
Rp25.000
2
 Jarum jahit
Rp2.000
3
Gunting 
Rp8.000
4
Benang                 
Rp10.000
TOTAL
Rp45.000
                                   
b.  Modal Lancar Perhari                  
NO
BAHAN
BANYAK
HARGA
1
kain flanel
12 buah
Rp20.000
2
Peniti
5 lusin
Rp10.000
3
kancing hias
3 lusin
Rp12.000
4
aksesoris lain
2 lusin
Rp10.000
5
lem lilin
5 buah
Rp5.000
6
Gantungan
2 lusin
Rp8.000
7
kain sisa
1 kantong
Rp5.000
JUMLAH
Rp70.000
8
Transportasi
PP
Rp.5000
TOTAL
Rp75.000
                                                           
2.3.2 Proses Produksi
Ø  MEMBUAT GANTUNGAN
·       Gunting persegi panjang
·       Lalu di gulung sekitar 6 buah
·       Lalu sambungkan sesuai bentuk yang kita inginkan dengan lem lilin
·       Seperti kupu-kupu,ulat dan lain-lain
·       Atau dengan menggunakan jahitan dan bentuk sesuai keinginan.
·       Setelah jadi lem dan beri gantungan.



Ø  MEMBUAT BROS
·       Gunting memanjang.
·       Lalu gulung dan sambungkan dengan lem lilin sesuai yang kita inginkan.
·       Membuat bunga,kupu-kupu dan bentuk yang lainya.
·       Jika dengan kain sisa bentuk bulat sekitar 4 buah
·       Setelah itu lipat menjadi dua
·       sambungkan dengan di jahit setiap ujungnya
·       Setelah jadi dan di rapihkan
·       Lem dengan peniti.

2.3.3 Harga Jual
            Dari modal lancar perhari menghasilkan 100 buah karya tangan :
    HPP =
                      = = Rp 750

           

2.3.4  Perhitungan R / L
 Omset        100 X 2.000   = Rp. 200.000
            Hpp + Biaya                   = Rp.   75.000 –
            Laba Bersih                     = Rp.   125.000 per hari
Jika dalam waktu satu bulan maka laba bersih nya 30 x 125.000 =3.750.000  perbulan
Dan dalam waktu setahun maka laba bersihnya      3.750.000 x 12 =45.000.000 pertahun

2.3.5 Analisa Keuntungan
            Break event point (BEP) =
          Break event point (BEP) =
          Rate of return on investement (ROI) =
            Rate of return on investement (ROI) =




                             




















BAB IV
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
       Sebagai seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinisiatif untuk membuat  dan membuka cabang lebih banyak lagi. Dan saya akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini, dan menurut saya usaha GREEN PRODUCTION ini dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan juga dapat membuka peluang dalam penerapan tenaga kerja .
         Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun zaman sekarang ini banyak berbagai macam aksesoris yang tergolong mewah bertebaran di mana-mana,akan tetapi saya optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini berjalan dengan lancer dengan ketekunan,kerja keras,strategi dan kekuatan doa.
            Karena dari tahun sekarang dan sampai beberapa tahun kedepannya di prediksi akan semakin banyak orang yang membutuhkan aksesoris seiring dengan berjalannya waktu dan life style yang berlaku atau yang sedang trend saat ini.dengan keadaan inilah memberikan peluang yang besar untuk kedepannya.








3.2 Lampiran
            Contoh beberapa gambar produk :
      
      
           
           
           
           
           








PROPOSAL USAHA
“ Mengangkat Produk Lokal “
GREEN PRODUCTION
(TANGAN SUNDA MENDUNIA)
Proposal Usaha Ini Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti
Ujian Kompetensi Praktek ( UJIKOM )

                                                                    
Disusun Oleh :
RISMAYANTI
Nis.111.210.050

KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
YAYASAN AL-MUCHTAR
SMK ISLAM TERPADU DAARUL ABROR
2014/2015







KATA PENGANTAR

       Puji beserta syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya,sehingga penyusun dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini . Tidak lupa Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad  SAW.
        Adapun maksud dan tujuan penyusun dalam menyusun proposal usaha dengan tema mengangkat produk lokal yang berupa “ GREEN PRODUCTION “ adalah untuk memenuhi salah satu syarat Ujian Kompetensi tahun ajaran 2014-2015 yang dilaksanakan di SMK IT DAARUL ABROR. Dengan adanya proposal usaha ini penyusun berharap khususnya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi penyusun,dan umumnya semoga penyusunan proposal ini dapat menjadi referensi bagi semua wirausahawan baru dalam menyusun proposal ataupun dalam menjalankan usahanya.Dan penyusunpun menyadari bahwa proposal usaha ini masih sangat jauh dari kata sempurna.
         Dan dalam penyusunan proposal usaha ini penyusun mendapatkan banyak bantuan dan dukungan baik itu dari pihak sekolah,pihak keluarga,dan sahabat-sahabat. Maka dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan banyak terima kasih.


Garut,07 Februari  2014


                                     Penyusun







DAFTAR  ISI
LEMBAR PENGESAHA
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………..
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………….
DATA-DATA USAHA ……………………………………………………………….
a.      Nama Usaha                         
b.     Bentuk Usaha
c.      Nama produk
d.     Segmentasi produk
e.      investasi
BAB I. PENDAHULUAN
         1.1 Latar Belakang Usaha ……………………………………………………….
         1.2 Visi dan Misi ………………………………………………………………..
BAB II. ANALISA USAHA DAN MARKETING MIX
   2.1Analisa Usaha ………………………………………………………………
                   2.1.1 Analisa Konsumen ……………………………………………………..
                   2.1.2 Analisa Produk …………………………………………………………
                   2.1.3 Analisa Kompetitor …………………………………………………….
         2.2 Marketing Mix …………………………………………………………….
                   2.2.1 Product(produk)
                     2.2.2 Place (tempat)
                     2.2.3 price (harga)
                     2.2.4 promotion (promosi)
  BAB III  Operasional Usaha ………………………………………………………...
         3.2.1 Perhitungan Modal ……………………………………………………
         3.2.2 Proses Produksi ……………………………………………………….
         3.2.3 Harga Jual ……………………………………………………………
         3.2.4 Perhitungan R/L ……………………………………………………..
         3.2.5 Analisa Keuntungan …………………………………………………
BAB IV  PENUTUP
        4.1 Kesimpulan ………………………………………………………………….
        4.2 Lampiran-Lampiran ………………………………………
DATA-DATA USAHA

*     Nama Usaha
Nama usaha yang saya ciptakan adalah usaha yang diambil dari produk lokal yang berupa karya tangan sendiri seperti tempat pensil,macam – macam pin,tempat hp,dan aksesoris lainnya dengan nama “ GREEN PRODUCTION “

*     Nama Produk
Untuk nama produk saya ambil dari warna favorit saya sendiri agar mudah di ingat  yaitu “ GREEN PRODUCTION “karena nama ini sudah terkenal dan tidak asing lagi untuk di dengar.

*     Nama Pemilik
Usaha ini didirikan oleh seorang wanita calon pengusaha sukses yang sedang merintis usahanya, yang terlahir di kota GARUT,14 Oktober 1995 yaitu “ “ sebagai pemilik usaha “ GREEN PRODUCTION “




















BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

           Banyak sekali jalan menuju kesuksesan,salah satu diantaranya dengan membuat cikal bakal bisnis yang di harapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa.
            Bisnis adalah sebuah pembelajaran,dimana membutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu.Oleh karena itu,bisnis harus di mulai sejak dini,sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.     
            Dalam dunia bisnis pada saat ini banyak sekali karya tangan yang bermunculan termasuk aksesoris,karena trendnya zaman sekarang para remaja banyak yang berminat untuk memiliki banyak aksesoris hampir semua yang mereka miliki khususnya untuk kaum remaja putri selalu  ingin ada aksesorisnya.tapi sayangnya banyak beredar aksesoris yang kurang menarik dan kurang kreatif juga banyak juga aksesoris yang tulisannya kurang bermoral .jadi daya jual nya pun menjadi berkurang dan tulisan yang kurang bermoral itulah yang akan memperngaruhi remaja itu sendiri.
kebanyakan nya pun bukan karya tangan asli  para remaja Indonesia biasanya di buat oleh para orang tua,jarang sekali anak muda pada zaman sekarang yang mau berkarya dengan tangannya sendiri inginnya banyak yang praktis.oleh sebab itu,inilah yang di jadikan peluang untuk penyusun membuat produk untuk para remaja dan di buat oleh karya tangan anak bangsa sendiri jadi produk yang akan di hasilnya kan sesuai dengan keinginan pasar.karena yang membuat dan yang menjadi segmentasinya pun sama-sama remaja.
            Semoga dengan terciptanya produk ini maka permintaan terhadap produk lokal semakin meningkat,terutama pada produk yang kami ciptakan.  




1.2 Tujuan Usaha

*     Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan kepuasan bagi konsumen
*     Menciptakanlapangan pekerjaan untuk yang lainnya.
*     Memnuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.
*     Menciptakan peluang usaha baru.


Visi Usaha
        “ Menjadikan GREEN PRODUCTION menjadi produk yang berkualitas tinggi dan bisa bersaing di kancah internasional.“


Misi Usaha
*     Menciptakan produk yang berkualitas tinggi secara produk dan moral.
*     Mengutamakan pelayan dengan cepat dan tepat efisien dan berkualitas..
*     Menciptakan inovasi dan kreatifitas tinggi sesuai kebutuhan pasar.
*     Menjadikan GREEN PRODUCTION produk yang melekat di benak masyarakat dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi.
*     Menciptakan layanan purna jual yang memuaskan dengan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif.












BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Analisa Usaha
  2.1.1 Analisan Konsemen
Segmentasi yang saya pilih yaitu semua kalangan masyarakat,khususnya siswa-siswi SMP,SMA,GURU,dan masyarakat yang berada di wilayah sekitar Cibiuk, Menurut data yang di dapatkan penduduk di daerah cibiuk termasuk SMK IT daarul abror kurang lebih 900 jiwa yang saya asumsikan setengahnya yang akan membeli yaitu 450 orang  jadi ketika perhari saya produksi 100 buah berpeluang besar untuk habis.
            Namunkedepannya saya berharap “GREEN PRODUCTION “ mampu menguasai pasar nasional bahkan internasional.
2.1.2 Analisa Produk
           Dalam hal ini saya menggunakan SWOT analisis,yakni dengan menganalisis kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari produk tersebut.
A.    Strengh ( Kekuatan )
               Kekuatan dari produk ini yaitu,antara lain :
*     Produk berkualitas
*     Harga terjangkau
*     Bentuk produk menarik
*     Banyak di cari oleh para remaja.
*     Banyak di butuhkan juga oleh masyarakat luas.
*     Tahan lama.
*     Bentuk bisa di pesan sesuai dengan keinginan.

B.    Weeknest ( Kelemahan )
                 Adapun kelemahan dari produk ini yaitu,antara lain :
*     Banyak produk sejenis  yang sama.
*     Produk tidak setiap hari di butuhkan.

C.    Oportunity ( Peluang )
                  Peluang dari produk ini untuk laku di pasaran yaitu,antara lain :
*     Banyak orang yang menyukai aksesoris khususnya remaja putri.
*     Permintaan pasar terhadap aksesoris sangat tinggi karena sedang trend masa kini.
*     penduduk di daerah mana pun rata-rata kebanyakan yaitu kaum perempuan.

D.    Treath ( Ancaman )
      Ancaman bagi produk ini yaitu, antara lain :
*     Adanya pesaing baru yang meniru produk tersebut
*     Banyaknya pesaing-pesaing yang sudah ada sebelumnya


    2.1.3 Analisa Kompetitor
             Dalam usaha ini untuk hal pesaing cukup banyak bagi produk tersebut.Mulai dari produk yang sejenis sampai dengan produk yang dapat di menggantikan produk tersebut.jika di daerah cibiuk sendiri belum ada yang menjual khusus aksesoris.Adapun pesaing yang sudah ada di daerah luai cibiuk di antaranya yaitu :
*     Pasar limbangan.
*     Pasar lewigoong.
2.2 Marketing  Mix
            Sering disebut juga dengan analisis 4P (Product,Price,Place,and Promotion).
a.      Product ( Produk )
            Produk yang saya ciptakan yaitu “GREEN PRODUCTION“. Dengan berbahan dasarkan dari berbagai jenis kain flannel,bahan kaos dan bahan kain yang lainnya yang dapat mudah di dapat di pasar dan harganya pun terjangkau bahan dasarnya pun bisa di peroleh dari bahan sisa-sisa dari  tukang jahit yang berkualitas jadi bahan baku tidak melambung terlalu inggi.dan bahan baku tidak susah untuk di dapatkan.dan ketika bahan baku mahal masih banyak alternatif yang bisa di gunakan.
Cara pembuatannya pun tidak sulit dan tidak banyak membuang waktu dalam waktu 10 jam saja kita bisa menghasilkan 100 buah produk.dan kemasannya pun di kemas dengan menarik dan praktis  dengan kemasan yang di desain khusus yang bisa di gunakan tidak hanya untuk kaum remaja saja juga keseluruhan secara umum ada yang terbuat dari kertas dan juga plastik.

b.     Price ( Harga )
           Untuk harga yang saya tetapkan yaitu dengan harga rata-rata dari pesaing sejenis,dengan harga jual produk mulai dari harga Rp.2000  perbuah. .Namun harga tersebut dapat berubah sesuai dengan perubahan biaya produksi dan biaya lainnya keunggulan ini juga dengan harga murah konsumen dapat mendapatkan barang yang menarik juga berkualitas.
c.      Place ( Tempat )
           Tempat pelaksanaan pemasaran produk saya, untuk sementara akan di laksanakan di SMK IT DAARUL ABROR yang beralamatkan Jl.Raya Limbangan-Lewigoong Ds.Cibiuk Kaler Kec.Cibiuk Kab.Garut.dan untuk selanjutnya akan di buka beberapa cabang di beberapa tempat yang strategisseperti pasar limbangan,pasar leuwigoong dan  juga garut kota.

d.     Promotion ( Promosi )
           Dalam hal promosi produk tersebut akan saya jual dengan cara membuka stand di lapangan SMK IT DAARUL ABROR dan  di sekitarnya dengan bentuk promosi dari mulut ke mulut,direct selling dan sekolah ke sekolah brosur juga door to door.

















2.3 Operasional Usaha
    2.3.1 Perhitungan Modal
a. Modal Tetap                   
NO
NAMA ALAT
HARGA
1
Alat penempel lem lilin               
Rp25.000
2
 Jarum jahit
Rp2.000
3
Gunting 
Rp8.000
4
Benang                 
Rp10.000
TOTAL
Rp45.000
                                   
b.  Modal Lancar Perhari                  
NO
BAHAN
BANYAK
HARGA
1
kain flanel
12 buah
Rp20.000
2
Peniti
5 lusin
Rp10.000
3
kancing hias
3 lusin
Rp12.000
4
aksesoris lain
2 lusin
Rp10.000
5
lem lilin
5 buah
Rp5.000
6
Gantungan
2 lusin
Rp8.000
7
kain sisa
1 kantong
Rp5.000
JUMLAH
Rp70.000
8
Transportasi
PP
Rp.5000
TOTAL
Rp75.000
                                                           
2.3.2 Proses Produksi
Ø  MEMBUAT GANTUNGAN
·       Gunting persegi panjang
·       Lalu di gulung sekitar 6 buah
·       Lalu sambungkan sesuai bentuk yang kita inginkan dengan lem lilin
·       Seperti kupu-kupu,ulat dan lain-lain
·       Atau dengan menggunakan jahitan dan bentuk sesuai keinginan.
·       Setelah jadi lem dan beri gantungan.



Ø  MEMBUAT BROS
·       Gunting memanjang.
·       Lalu gulung dan sambungkan dengan lem lilin sesuai yang kita inginkan.
·       Membuat bunga,kupu-kupu dan bentuk yang lainya.
·       Jika dengan kain sisa bentuk bulat sekitar 4 buah
·       Setelah itu lipat menjadi dua
·       sambungkan dengan di jahit setiap ujungnya
·       Setelah jadi dan di rapihkan
·       Lem dengan peniti.

2.3.3 Harga Jual
            Dari modal lancar perhari menghasilkan 100 buah karya tangan :
    HPP =
                      = = Rp 750

           

2.3.4  Perhitungan R / L
 Omset        100 X 2.000   = Rp. 200.000
            Hpp + Biaya                   = Rp.   75.000 –
            Laba Bersih                     = Rp.   125.000 per hari
Jika dalam waktu satu bulan maka laba bersih nya 30 x 125.000 =3.750.000  perbulan
Dan dalam waktu setahun maka laba bersihnya      3.750.000 x 12 =45.000.000 pertahun

2.3.5 Analisa Keuntungan
            Break event point (BEP) =
          Break event point (BEP) =
          Rate of return on investement (ROI) =
            Rate of return on investement (ROI) =




                             




















BAB IV
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
       Sebagai seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinisiatif untuk membuat  dan membuka cabang lebih banyak lagi. Dan saya akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini, dan menurut saya usaha GREEN PRODUCTION ini dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan juga dapat membuka peluang dalam penerapan tenaga kerja .
         Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun zaman sekarang ini banyak berbagai macam aksesoris yang tergolong mewah bertebaran di mana-mana,akan tetapi saya optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini berjalan dengan lancer dengan ketekunan,kerja keras,strategi dan kekuatan doa.
            Karena dari tahun sekarang dan sampai beberapa tahun kedepannya di prediksi akan semakin banyak orang yang membutuhkan aksesoris seiring dengan berjalannya waktu dan life style yang berlaku atau yang sedang trend saat ini.dengan keadaan inilah memberikan peluang yang besar untuk kedepannya.








3.2 Lampiran
            Contoh beberapa gambar produk :
      
      
           
           
           
           
           





Share:

2 komentar:

  1. proposalnya sangat lengkap, sangat membantu para pembaca untuk lebih memahami mengenai usaha dan hal-hal yang berhubungan dengannya,, terimakasih..
    Aplikasi Toko Android

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah semoga senantiasa memberikan manfaat untuk semuanya

    BalasHapus