PROPOSAL
USAHA
“ Mengangkat Produk Lokal “
GREEN
PRODUCTION
(TANGAN SUNDA MENDUNIA)
Proposal Usaha Ini
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti
Ujian Kompetensi Praktek ( UJIKOM )
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.jpg)
Disusun
Oleh :
RISMAYANTI
Nis.111.210.050
KOMPETENSI
KEAHLIAN PEMASARAN
YAYASAN
AL-MUCHTAR
SMK
ISLAM TERPADU DAARUL ABROR
2014/2015
KATA
PENGANTAR
Puji
beserta syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan
Rahmat dan Karunia-Nya,sehingga penyusun dapat menyelesaikan penyusunan
proposal ini . Tidak lupa Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan
kepada Nabi Muhammad SAW.
Adapun
maksud dan tujuan penyusun dalam menyusun proposal usaha dengan tema mengangkat
produk lokal yang berupa “ GREEN PRODUCTION “ adalah untuk memenuhi salah satu
syarat Ujian Kompetensi tahun ajaran 2014-2015 yang dilaksanakan di
SMK IT DAARUL ABROR. Dengan adanya proposal usaha ini penyusun berharap
khususnya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi penyusun,dan umumnya semoga
penyusunan proposal ini dapat menjadi referensi bagi semua wirausahawan baru
dalam menyusun proposal ataupun dalam menjalankan usahanya.Dan penyusunpun
menyadari bahwa proposal usaha ini masih sangat jauh dari kata sempurna.
Dan
dalam penyusunan proposal usaha ini penyusun mendapatkan banyak bantuan dan
dukungan baik itu dari pihak sekolah,pihak keluarga,dan sahabat-sahabat. Maka
dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan banyak terima kasih.
Garut,07 Februari 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHA
KATA PENGANTAR
………………………………………………………………..
DAFTAR ISI
………………………………………………………………………….
DATA-DATA USAHA
……………………………………………………………….
a.
Nama Usaha
b.
Bentuk Usaha
c.
Nama produk
d.
Segmentasi produk
e.
investasi
BAB I.
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Usaha ……………………………………………………….
1.2 Visi dan Misi
………………………………………………………………..
BAB II. ANALISA USAHA
DAN MARKETING MIX
2.1Analisa Usaha ………………………………………………………………
2.1.1 Analisa Konsumen ……………………………………………………..
2.1.2
Analisa Produk …………………………………………………………
2.1.3
Analisa Kompetitor …………………………………………………….
2.2
Marketing Mix …………………………………………………………….
2.2.1 Product(produk)
2.2.2 Place (tempat)
2.2.3 price (harga)
2.2.4
promotion (promosi)
BAB III Operasional
Usaha ………………………………………………………...
3.2.1 Perhitungan Modal
……………………………………………………
3.2.2 Proses Produksi
……………………………………………………….
3.2.3 Harga Jual
……………………………………………………………
3.2.4 Perhitungan R/L
……………………………………………………..
3.2.5 Analisa Keuntungan
…………………………………………………
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan ………………………………………………………………….
4.2 Lampiran-Lampiran
………………………………………
DATA-DATA
USAHA
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Nama usaha yang saya ciptakan
adalah usaha yang diambil dari produk lokal yang berupa karya tangan sendiri
seperti tempat pensil,macam – macam pin,tempat hp,dan aksesoris lainnya dengan
nama “ GREEN PRODUCTION “
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Untuk nama produk saya ambil dari warna favorit saya
sendiri agar mudah di ingat yaitu “
GREEN PRODUCTION “karena nama ini sudah terkenal dan tidak asing lagi untuk di
dengar.
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Usaha ini didirikan oleh seorang
wanita calon pengusaha sukses yang sedang merintis usahanya, yang terlahir di
kota GARUT,14 Oktober 1995 yaitu “ “ sebagai pemilik usaha “ GREEN PRODUCTION “
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Banyak sekali jalan menuju kesuksesan,salah satu diantaranya dengan
membuat cikal bakal bisnis yang di harapkan mampu mengembangkan daya
kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa.
Bisnis adalah sebuah pembelajaran,dimana membutuhkan analisa yang sangat
dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu.Oleh karena itu,bisnis
harus di mulai sejak dini,sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir
dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Dalam
dunia bisnis pada saat ini banyak sekali karya tangan yang bermunculan termasuk
aksesoris,karena trendnya zaman sekarang para remaja banyak yang berminat untuk
memiliki banyak aksesoris hampir semua yang mereka miliki khususnya untuk kaum
remaja putri selalu ingin ada
aksesorisnya.tapi sayangnya banyak beredar aksesoris yang kurang menarik dan
kurang kreatif juga banyak juga aksesoris yang tulisannya kurang bermoral .jadi
daya jual nya pun menjadi berkurang dan tulisan yang kurang bermoral itulah yang
akan memperngaruhi remaja itu sendiri.
kebanyakan nya pun bukan karya
tangan asli para remaja Indonesia
biasanya di buat oleh para orang tua,jarang sekali anak muda pada zaman
sekarang yang mau berkarya dengan tangannya sendiri inginnya banyak yang praktis.oleh
sebab itu,inilah yang di jadikan peluang untuk penyusun membuat produk untuk
para remaja dan di buat oleh karya tangan anak bangsa sendiri jadi produk yang
akan di hasilnya kan sesuai dengan keinginan pasar.karena yang membuat dan yang
menjadi segmentasinya pun sama-sama remaja.
Semoga
dengan terciptanya produk ini maka permintaan terhadap produk lokal semakin
meningkat,terutama pada produk yang kami ciptakan.
1.2 Tujuan Usaha
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Visi Usaha
“ Menjadikan
GREEN PRODUCTION menjadi produk yang berkualitas
tinggi dan bisa bersaing di kancah internasional.“
Misi Usaha
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Analisa Usaha
2.1.1
Analisan Konsemen
Segmentasi yang saya pilih yaitu semua kalangan
masyarakat,khususnya siswa-siswi SMP,SMA,GURU,dan masyarakat yang berada di
wilayah sekitar Cibiuk, Menurut data yang di dapatkan penduduk di
daerah cibiuk termasuk SMK IT daarul abror kurang lebih 900 jiwa yang saya
asumsikan setengahnya yang akan membeli yaitu 450 orang jadi ketika perhari saya produksi 100 buah
berpeluang besar untuk habis.
Namunkedepannya
saya berharap “GREEN PRODUCTION “ mampu menguasai pasar nasional bahkan
internasional.
2.1.2 Analisa Produk
Dalam hal ini saya menggunakan SWOT analisis,yakni dengan menganalisis
kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari produk tersebut.
A. Strengh ( Kekuatan )
Kekuatan dari produk ini yaitu,antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
B. Weeknest ( Kelemahan )
Adapun kelemahan dari produk ini yaitu,antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
C. Oportunity ( Peluang )
Peluang dari produk ini untuk laku di pasaran yaitu,antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
D. Treath ( Ancaman )
Ancaman bagi produk ini yaitu, antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
2.1.3
Analisa Kompetitor
Dalam usaha ini untuk hal pesaing cukup banyak bagi produk tersebut.Mulai
dari produk yang sejenis sampai dengan produk yang dapat di menggantikan produk
tersebut.jika di daerah cibiuk
sendiri belum ada yang menjual khusus aksesoris.Adapun pesaing yang sudah ada
di daerah luai cibiuk
di antaranya yaitu :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
2.2 Marketing
Mix
Sering disebut juga dengan analisis 4P (Product,Price,Place,and
Promotion).
a. Product ( Produk )
Produk yang saya ciptakan yaitu “GREEN
PRODUCTION“. Dengan berbahan dasarkan dari berbagai jenis kain flannel,bahan
kaos dan bahan kain yang lainnya yang dapat mudah di dapat di pasar dan
harganya pun terjangkau bahan dasarnya pun bisa di peroleh dari bahan sisa-sisa
dari tukang jahit yang berkualitas jadi bahan baku tidak melambung terlalu
inggi.dan bahan baku tidak susah untuk di dapatkan.dan ketika bahan baku mahal
masih banyak alternatif yang bisa di gunakan.
Cara pembuatannya pun tidak
sulit dan tidak banyak membuang waktu dalam waktu 10 jam saja kita bisa
menghasilkan 100 buah produk.dan kemasannya pun di kemas dengan menarik dan
praktis dengan kemasan yang di desain
khusus yang bisa di gunakan tidak hanya untuk kaum remaja saja juga keseluruhan
secara umum ada yang terbuat dari kertas dan juga plastik.
b. Price ( Harga )
Untuk harga yang saya tetapkan yaitu
dengan harga rata-rata dari pesaing sejenis,dengan harga jual produk mulai dari
harga Rp.2000
perbuah. .Namun harga tersebut dapat
berubah sesuai dengan perubahan biaya produksi dan biaya lainnya keunggulan ini juga dengan harga murah konsumen dapat
mendapatkan barang yang menarik juga berkualitas.
c. Place ( Tempat )
Tempat pelaksanaan pemasaran produk
saya, untuk sementara akan di laksanakan di SMK IT DAARUL ABROR yang beralamatkan
Jl.Raya Limbangan-Lewigoong Ds.Cibiuk Kaler Kec.Cibiuk Kab.Garut.dan untuk selanjutnya akan di buka beberapa cabang di
beberapa tempat yang strategisseperti pasar limbangan,pasar leuwigoong dan juga garut kota.
d. Promotion ( Promosi )
Dalam hal promosi produk tersebut
akan saya jual dengan cara membuka stand di lapangan SMK IT DAARUL ABROR dan di sekitarnya dengan bentuk promosi dari
mulut ke mulut,direct selling
dan sekolah ke sekolah brosur juga door to
door.
2.3 Operasional Usaha
2.3.1
Perhitungan Modal
a. Modal Tetap
NO
|
NAMA ALAT
|
HARGA
|
1
|
Alat penempel lem lilin
|
Rp25.000
|
2
|
Jarum jahit
|
Rp2.000
|
3
|
Gunting
|
Rp8.000
|
4
|
Benang
|
Rp10.000
|
TOTAL
|
Rp45.000
|
b.
Modal Lancar Perhari
NO
|
BAHAN
|
BANYAK
|
HARGA
|
1
|
kain flanel
|
12 buah
|
Rp20.000
|
2
|
Peniti
|
5 lusin
|
Rp10.000
|
3
|
kancing hias
|
3 lusin
|
Rp12.000
|
4
|
aksesoris lain
|
2 lusin
|
Rp10.000
|
5
|
lem lilin
|
5 buah
|
Rp5.000
|
6
|
Gantungan
|
2 lusin
|
Rp8.000
|
7
|
kain sisa
|
1 kantong
|
Rp5.000
|
JUMLAH
|
Rp70.000
|
||
8
|
Transportasi
|
PP
|
Rp.5000
|
TOTAL
|
Rp75.000
|
2.3.2 Proses Produksi
Ø MEMBUAT GANTUNGAN
·
Gunting persegi panjang
·
Lalu di gulung sekitar 6 buah
·
Lalu sambungkan sesuai bentuk yang kita inginkan dengan lem lilin
·
Seperti kupu-kupu,ulat dan lain-lain
·
Atau dengan menggunakan jahitan dan bentuk sesuai keinginan.
·
Setelah jadi lem dan beri gantungan.
Ø MEMBUAT BROS
·
Gunting memanjang.
·
Lalu gulung dan sambungkan dengan lem lilin sesuai yang kita inginkan.
·
Membuat bunga,kupu-kupu dan bentuk yang lainya.
·
Jika dengan kain sisa bentuk bulat sekitar 4 buah
·
Setelah itu lipat menjadi dua
·
sambungkan dengan di jahit setiap ujungnya
·
Setelah jadi dan di rapihkan
·
Lem dengan peniti.
2.3.3 Harga Jual
Dari
modal lancar perhari menghasilkan 100 buah karya tangan :
HPP = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.gif)
=
= Rp 750
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image007.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image009.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image011.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image013.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image015.gif)
2.3.4
Perhitungan R / L
Omset 100
X 2.000 = Rp. 200.000
Hpp + Biaya = Rp. 75.000
–
Laba Bersih =
Rp. 125.000 per hari
Jika dalam waktu satu bulan maka laba bersih nya 30 x
125.000 =3.750.000 perbulan
Dan dalam waktu setahun maka laba bersihnya 3.750.000 x 12 =45.000.000 pertahun
2.3.5 Analisa Keuntungan
Break
event point (BEP) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.gif)
Break event point (BEP) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.gif)
Rate of return on investement (ROI) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.gif)
Rate of
return on investement (ROI) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image023.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image023.gif)
BAB
IV
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Sebagai
seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinisiatif untuk
membuat dan membuka cabang lebih banyak
lagi. Dan saya akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini, dan
menurut saya usaha GREEN PRODUCTION
ini dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan
juga dapat membuka peluang dalam penerapan tenaga kerja .
Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai
kesuksesan. Meskipun zaman
sekarang ini banyak berbagai macam
aksesoris yang tergolong mewah bertebaran di mana-mana,akan
tetapi saya optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat
menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha
ini berjalan dengan lancer dengan
ketekunan,kerja keras,strategi dan kekuatan doa.
Karena
dari tahun sekarang dan sampai beberapa tahun kedepannya di prediksi akan
semakin banyak orang yang membutuhkan aksesoris seiring dengan berjalannya
waktu dan life style yang berlaku atau yang sedang trend saat ini.dengan
keadaan inilah memberikan peluang yang besar untuk kedepannya.
3.2 Lampiran
Contoh
beberapa gambar produk :
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image027.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image029.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image031.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image033.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image035.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image037.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image039.jpg)
PROPOSAL
USAHA
“ Mengangkat Produk Lokal “
GREEN
PRODUCTION
(TANGAN SUNDA MENDUNIA)
Proposal Usaha Ini
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti
Ujian Kompetensi Praktek ( UJIKOM )
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.jpg)
Disusun
Oleh :
RISMAYANTI
Nis.111.210.050
KOMPETENSI
KEAHLIAN PEMASARAN
YAYASAN
AL-MUCHTAR
SMK
ISLAM TERPADU DAARUL ABROR
2014/2015
KATA
PENGANTAR
Puji
beserta syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan
Rahmat dan Karunia-Nya,sehingga penyusun dapat menyelesaikan penyusunan
proposal ini . Tidak lupa Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan
kepada Nabi Muhammad SAW.
Adapun
maksud dan tujuan penyusun dalam menyusun proposal usaha dengan tema mengangkat
produk lokal yang berupa “ GREEN PRODUCTION “ adalah untuk memenuhi salah satu
syarat Ujian Kompetensi tahun ajaran 2014-2015 yang dilaksanakan di
SMK IT DAARUL ABROR. Dengan adanya proposal usaha ini penyusun berharap
khususnya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi penyusun,dan umumnya semoga
penyusunan proposal ini dapat menjadi referensi bagi semua wirausahawan baru
dalam menyusun proposal ataupun dalam menjalankan usahanya.Dan penyusunpun
menyadari bahwa proposal usaha ini masih sangat jauh dari kata sempurna.
Dan
dalam penyusunan proposal usaha ini penyusun mendapatkan banyak bantuan dan
dukungan baik itu dari pihak sekolah,pihak keluarga,dan sahabat-sahabat. Maka
dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan banyak terima kasih.
Garut,07 Februari 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHA
KATA PENGANTAR
………………………………………………………………..
DAFTAR ISI
………………………………………………………………………….
DATA-DATA USAHA
……………………………………………………………….
a.
Nama Usaha
b.
Bentuk Usaha
c.
Nama produk
d.
Segmentasi produk
e.
investasi
BAB I.
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Usaha ……………………………………………………….
1.2 Visi dan Misi
………………………………………………………………..
BAB II. ANALISA USAHA
DAN MARKETING MIX
2.1Analisa Usaha ………………………………………………………………
2.1.1 Analisa Konsumen ……………………………………………………..
2.1.2
Analisa Produk …………………………………………………………
2.1.3
Analisa Kompetitor …………………………………………………….
2.2
Marketing Mix …………………………………………………………….
2.2.1 Product(produk)
2.2.2 Place (tempat)
2.2.3 price (harga)
2.2.4
promotion (promosi)
BAB III Operasional
Usaha ………………………………………………………...
3.2.1 Perhitungan Modal
……………………………………………………
3.2.2 Proses Produksi
……………………………………………………….
3.2.3 Harga Jual
……………………………………………………………
3.2.4 Perhitungan R/L
……………………………………………………..
3.2.5 Analisa Keuntungan
…………………………………………………
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan ………………………………………………………………….
4.2 Lampiran-Lampiran
………………………………………
DATA-DATA
USAHA
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Nama usaha yang saya ciptakan
adalah usaha yang diambil dari produk lokal yang berupa karya tangan sendiri
seperti tempat pensil,macam – macam pin,tempat hp,dan aksesoris lainnya dengan
nama “ GREEN PRODUCTION “
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Untuk nama produk saya ambil dari warna favorit saya
sendiri agar mudah di ingat yaitu “
GREEN PRODUCTION “karena nama ini sudah terkenal dan tidak asing lagi untuk di
dengar.
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Usaha ini didirikan oleh seorang
wanita calon pengusaha sukses yang sedang merintis usahanya, yang terlahir di
kota GARUT,14 Oktober 1995 yaitu “ “ sebagai pemilik usaha “ GREEN PRODUCTION “
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Banyak sekali jalan menuju kesuksesan,salah satu diantaranya dengan
membuat cikal bakal bisnis yang di harapkan mampu mengembangkan daya
kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa.
Bisnis adalah sebuah pembelajaran,dimana membutuhkan analisa yang sangat
dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu.Oleh karena itu,bisnis
harus di mulai sejak dini,sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir
dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Dalam
dunia bisnis pada saat ini banyak sekali karya tangan yang bermunculan termasuk
aksesoris,karena trendnya zaman sekarang para remaja banyak yang berminat untuk
memiliki banyak aksesoris hampir semua yang mereka miliki khususnya untuk kaum
remaja putri selalu ingin ada
aksesorisnya.tapi sayangnya banyak beredar aksesoris yang kurang menarik dan
kurang kreatif juga banyak juga aksesoris yang tulisannya kurang bermoral .jadi
daya jual nya pun menjadi berkurang dan tulisan yang kurang bermoral itulah yang
akan memperngaruhi remaja itu sendiri.
kebanyakan nya pun bukan karya
tangan asli para remaja Indonesia
biasanya di buat oleh para orang tua,jarang sekali anak muda pada zaman
sekarang yang mau berkarya dengan tangannya sendiri inginnya banyak yang praktis.oleh
sebab itu,inilah yang di jadikan peluang untuk penyusun membuat produk untuk
para remaja dan di buat oleh karya tangan anak bangsa sendiri jadi produk yang
akan di hasilnya kan sesuai dengan keinginan pasar.karena yang membuat dan yang
menjadi segmentasinya pun sama-sama remaja.
Semoga
dengan terciptanya produk ini maka permintaan terhadap produk lokal semakin
meningkat,terutama pada produk yang kami ciptakan.
1.2 Tujuan Usaha
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Visi Usaha
“ Menjadikan
GREEN PRODUCTION menjadi produk yang berkualitas
tinggi dan bisa bersaing di kancah internasional.“
Misi Usaha
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Analisa Usaha
2.1.1
Analisan Konsemen
Segmentasi yang saya pilih yaitu semua kalangan
masyarakat,khususnya siswa-siswi SMP,SMA,GURU,dan masyarakat yang berada di
wilayah sekitar Cibiuk, Menurut data yang di dapatkan penduduk di
daerah cibiuk termasuk SMK IT daarul abror kurang lebih 900 jiwa yang saya
asumsikan setengahnya yang akan membeli yaitu 450 orang jadi ketika perhari saya produksi 100 buah
berpeluang besar untuk habis.
Namunkedepannya
saya berharap “GREEN PRODUCTION “ mampu menguasai pasar nasional bahkan
internasional.
2.1.2 Analisa Produk
Dalam hal ini saya menggunakan SWOT analisis,yakni dengan menganalisis
kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari produk tersebut.
A. Strengh ( Kekuatan )
Kekuatan dari produk ini yaitu,antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
B. Weeknest ( Kelemahan )
Adapun kelemahan dari produk ini yaitu,antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
C. Oportunity ( Peluang )
Peluang dari produk ini untuk laku di pasaran yaitu,antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
D. Treath ( Ancaman )
Ancaman bagi produk ini yaitu, antara lain :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
2.1.3
Analisa Kompetitor
Dalam usaha ini untuk hal pesaing cukup banyak bagi produk tersebut.Mulai
dari produk yang sejenis sampai dengan produk yang dapat di menggantikan produk
tersebut.jika di daerah cibiuk
sendiri belum ada yang menjual khusus aksesoris.Adapun pesaing yang sudah ada
di daerah luai cibiuk
di antaranya yaitu :
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
2.2 Marketing
Mix
Sering disebut juga dengan analisis 4P (Product,Price,Place,and
Promotion).
a. Product ( Produk )
Produk yang saya ciptakan yaitu “GREEN
PRODUCTION“. Dengan berbahan dasarkan dari berbagai jenis kain flannel,bahan
kaos dan bahan kain yang lainnya yang dapat mudah di dapat di pasar dan
harganya pun terjangkau bahan dasarnya pun bisa di peroleh dari bahan sisa-sisa
dari tukang jahit yang berkualitas jadi bahan baku tidak melambung terlalu
inggi.dan bahan baku tidak susah untuk di dapatkan.dan ketika bahan baku mahal
masih banyak alternatif yang bisa di gunakan.
Cara pembuatannya pun tidak
sulit dan tidak banyak membuang waktu dalam waktu 10 jam saja kita bisa
menghasilkan 100 buah produk.dan kemasannya pun di kemas dengan menarik dan
praktis dengan kemasan yang di desain
khusus yang bisa di gunakan tidak hanya untuk kaum remaja saja juga keseluruhan
secara umum ada yang terbuat dari kertas dan juga plastik.
b. Price ( Harga )
Untuk harga yang saya tetapkan yaitu
dengan harga rata-rata dari pesaing sejenis,dengan harga jual produk mulai dari
harga Rp.2000
perbuah. .Namun harga tersebut dapat
berubah sesuai dengan perubahan biaya produksi dan biaya lainnya keunggulan ini juga dengan harga murah konsumen dapat
mendapatkan barang yang menarik juga berkualitas.
c. Place ( Tempat )
Tempat pelaksanaan pemasaran produk
saya, untuk sementara akan di laksanakan di SMK IT DAARUL ABROR yang beralamatkan
Jl.Raya Limbangan-Lewigoong Ds.Cibiuk Kaler Kec.Cibiuk Kab.Garut.dan untuk selanjutnya akan di buka beberapa cabang di
beberapa tempat yang strategisseperti pasar limbangan,pasar leuwigoong dan juga garut kota.
d. Promotion ( Promosi )
Dalam hal promosi produk tersebut
akan saya jual dengan cara membuka stand di lapangan SMK IT DAARUL ABROR dan di sekitarnya dengan bentuk promosi dari
mulut ke mulut,direct selling
dan sekolah ke sekolah brosur juga door to
door.
2.3 Operasional Usaha
2.3.1
Perhitungan Modal
a. Modal Tetap
NO
|
NAMA ALAT
|
HARGA
|
1
|
Alat penempel lem lilin
|
Rp25.000
|
2
|
Jarum jahit
|
Rp2.000
|
3
|
Gunting
|
Rp8.000
|
4
|
Benang
|
Rp10.000
|
TOTAL
|
Rp45.000
|
b.
Modal Lancar Perhari
NO
|
BAHAN
|
BANYAK
|
HARGA
|
1
|
kain flanel
|
12 buah
|
Rp20.000
|
2
|
Peniti
|
5 lusin
|
Rp10.000
|
3
|
kancing hias
|
3 lusin
|
Rp12.000
|
4
|
aksesoris lain
|
2 lusin
|
Rp10.000
|
5
|
lem lilin
|
5 buah
|
Rp5.000
|
6
|
Gantungan
|
2 lusin
|
Rp8.000
|
7
|
kain sisa
|
1 kantong
|
Rp5.000
|
JUMLAH
|
Rp70.000
|
||
8
|
Transportasi
|
PP
|
Rp.5000
|
TOTAL
|
Rp75.000
|
2.3.2 Proses Produksi
Ø MEMBUAT GANTUNGAN
·
Gunting persegi panjang
·
Lalu di gulung sekitar 6 buah
·
Lalu sambungkan sesuai bentuk yang kita inginkan dengan lem lilin
·
Seperti kupu-kupu,ulat dan lain-lain
·
Atau dengan menggunakan jahitan dan bentuk sesuai keinginan.
·
Setelah jadi lem dan beri gantungan.
Ø MEMBUAT BROS
·
Gunting memanjang.
·
Lalu gulung dan sambungkan dengan lem lilin sesuai yang kita inginkan.
·
Membuat bunga,kupu-kupu dan bentuk yang lainya.
·
Jika dengan kain sisa bentuk bulat sekitar 4 buah
·
Setelah itu lipat menjadi dua
·
sambungkan dengan di jahit setiap ujungnya
·
Setelah jadi dan di rapihkan
·
Lem dengan peniti.
2.3.3 Harga Jual
Dari
modal lancar perhari menghasilkan 100 buah karya tangan :
HPP = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.gif)
=
= Rp 750
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image007.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image009.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image011.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image013.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image015.gif)
2.3.4
Perhitungan R / L
Omset 100
X 2.000 = Rp. 200.000
Hpp + Biaya = Rp. 75.000
–
Laba Bersih =
Rp. 125.000 per hari
Jika dalam waktu satu bulan maka laba bersih nya 30 x
125.000 =3.750.000 perbulan
Dan dalam waktu setahun maka laba bersihnya 3.750.000 x 12 =45.000.000 pertahun
2.3.5 Analisa Keuntungan
Break
event point (BEP) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.gif)
Break event point (BEP) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.gif)
Rate of return on investement (ROI) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.gif)
Rate of
return on investement (ROI) = ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image023.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image023.gif)
BAB
IV
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Sebagai
seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinisiatif untuk
membuat dan membuka cabang lebih banyak
lagi. Dan saya akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini, dan
menurut saya usaha GREEN PRODUCTION
ini dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan
juga dapat membuka peluang dalam penerapan tenaga kerja .
Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai
kesuksesan. Meskipun zaman
sekarang ini banyak berbagai macam
aksesoris yang tergolong mewah bertebaran di mana-mana,akan
tetapi saya optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat
menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha
ini berjalan dengan lancer dengan
ketekunan,kerja keras,strategi dan kekuatan doa.
Karena
dari tahun sekarang dan sampai beberapa tahun kedepannya di prediksi akan
semakin banyak orang yang membutuhkan aksesoris seiring dengan berjalannya
waktu dan life style yang berlaku atau yang sedang trend saat ini.dengan
keadaan inilah memberikan peluang yang besar untuk kedepannya.
3.2 Lampiran
Contoh
beberapa gambar produk :
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image027.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image029.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image031.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image033.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image035.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image037.jpg)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image039.jpg)
proposalnya sangat lengkap, sangat membantu para pembaca untuk lebih memahami mengenai usaha dan hal-hal yang berhubungan dengannya,, terimakasih..
BalasHapusAplikasi Toko Android
Alhamdulillah semoga senantiasa memberikan manfaat untuk semuanya
BalasHapus