Minggu, 15 Maret 2015

CONTOH PROPOSAL TERBARU



KATA PENGANTAR

       Puji beserta syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya,sehingga penyusun dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini . Tidak lupa Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad  SAW.
        Adapun maksud dan tujuan penyusun dalam menyusun proposal usaha dengan tema mengangkat produk lokal yang berupa “ SUJU ICE “ adalah untuk memenuhi salah satu syarat 
Perlombaan TEMILREG tahun ajaran 2014-2015 yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ). Dengan adanya proposal usaha ini penyusun berharap khususnya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi penyusun,dan umumnya semoga penyusunan proposal ini dapat menjadi referensi bagi semua wirausahawan baru dalam menyusun proposal ataupun dalam menjalankan usahanya.Dan penyusunpun menyadari bahwa proposal usaha ini masih sangat jauh dari kata sempurna.
         Dan dalam penyusunan proposal usaha ini penyusun mendapatkan banyak bantuan dan dukungan baik itu dari pihak kampus,pihak keluarga,dan sahabat-sahabat. Maka dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan banyak terima kasih.



Garut,07 Desember  2014


                                     Penyusun






Daftar Isi
Kata Pengantar......................................................................................................................................i
Daftar Isi................................................................................................................................................ii
BAB  I PENDAHULUAN
1.1 Data –data Uasaha......................................................................................................................1
     1.2 latar belakang usaha...................................................................................................................2
     1.3  Tujuan Uasa...............................................................................................................................4
     1.4 Visi dan Misi Usaha....................................................................................................................4
     1.5 Stuktur Organisasi Perusahaan...................................................................................................4
      1.6 Model Bisnis Yang di Terapkan.................................................................................................5
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Analisis Usaha..............................................................................................................................6
2.2 Marketing Mix.............................................................................................................................8
    2.3 packing and branding.................................................................................................................11
    2.5 Operasional Usaha.....................................................................................................................12
BAB III RENCANA USAHA...............................................................................................................................................,15
     3.1 Rencana Opera .........................................................................................................................15
     3.2 perencanaan SDM dan SDA......................................................................................................16
     3.3 Rencana Keuangan....................................................................................................................18
     3.4 AMDAL.(Analisis Dampak Lingkungan).........................................................................................................................................19
     3.5 Rencana Pengembangan Usaha.................................................................................................19
BAB IV KESIMPULAN..................................................................................................................................20
      4.1 Kesimpulan..............................................................................................................................21
LAMPIRAN
        Proses Produksi......................................................................................................................... .22





BAB I
PENDAHULUAN

1.1            DATA-DATA USAHA

*     Nama Usaha
Usaha yang kami dirikan bergerak di bidang kuliner khususnya di bidang minuman yaitu jus jagung yang kami beri nama perusahaan dengan nama “SUJU ICE” agar mudah di ingat .
*     Nama Produk
Untuk nama produk kami ambil dari artis korea yang sedang buming di kalangan remaja masa kagar mudah di ingat yaitu “ SUJU ICE “karena nama ini sudah terkenal dan tidak asing lagi untuk di dengar.
*     Nama Pemilik
Usaha ini didirikan oleh tim yang beranggotakan 3 orang yang semuanya calon pengusaha sukses yang sedang merintis usahanya yang mempunyai visi misi besar untuk kedepannya, yang terlahir di berbagai kota yaitu Khairul Umuri,jaenal abidin,dan Rismayanti.alasan kami memilih jenis ini karena selain menghasilkan profit kita juga bisa   membuka peluang pekerjaan baru untuk masyarakat sekitar.dan membantu masyarakat meningkatkan kesehatan mereka.juga membantu pemerintah untuk mengurangi konsumsi beras Indonesia.otomatis mengurangi impor beras indoesia dan juga akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia.dan prospek untuk kedepanya bagus karena semakin kesini semakin banyak orang yang menyadari kesehatan adalah hal yang penting termasuk meminum jus yang sehat.

1.2            LATAR BELAKANG
Memasuki MEA 2015 ini aka nada banyak tantangan bagi Indonesia di mulai dari persaingan tenaga kerja dal lain sebagainya,adanya MEA otomatis semua produk mudah utuk masuk ke pasar Indonesia dan makanan pun akan semakan banyak variasinya yang akan kita temukan di pasaran baik yang sehat maupun yang kurang sehat atau bahkan berbahya.begitupun dengan makanan yang halal juga haram semakin sulit kita untuk membedakannya.bahkan sebelum MEA Di  sahkan pun sudah banyak sekali beredar minuman- minuman yang berbahaya untuk kita konsumsi yang jika kita konsumsi dalam jangka panjang akan mengakibatkan pengaruh seperti menurunkan kecerdasan,mengurangi kesehatan di masa yang akan datang dan banyak lagi dampak yang berpengaruh untuk tubuh kita.
             Dan juga  dari keprihatinan melihat banyak produk minuman yang berbahaya yang beredar di masyarakat menggunakan pewarna buatan, minuman bersoda bahkan minuman untuk membersihkan toilet pun beredar banyak,  padahal dapat mengancam kesehatan di masa yang akan datang, dan semakin banyak orang yang terkena dampak dari minuman berbahaya tersebut.
            Maka dari itu kami berinisiatif membuat minuman yang sehat tampa pewarna dan tampa efek samping berinovasi tinggi kaya akan vitamin dan mineral dan zat-zat yang lain yang baik bagi tubuh.dan mengajak sebanya banyak orang untuk menjaga badannya karena itu pun masuk dalam maqhosid syari’ah hifzhunnafs.
Jagung kuning mempunyai kandungan protein dan beta karoten yang cukup tinggi dibanding beras sehingga diharapkan akan memberikan nilai gizi lebih pada beras instan yang dihasilkan.
Dan juga peningkatan jumlah penduduk di indonesia mengakibatkan permintaan beras akan terus meningkat dan semakin berat untuk memenuhinya karena keterbatasan produksi. Kebutuhan beras untuk konsumsi pada tahun 2002 sebanyak 33 juta ton, sedangkan produksi beras Nasional sebanyak 30.5 juta ton. Pada tahun 2004 diperkirakan kebutuhan beras untuk konsumsi sebanyak 33,6 juta ton sedangkan produksi beras Nasional sebanyak 31,2 juta ton (DP, 2002). Data tersebut menunjukan bahwa terjadi kekurangan beras untuk konsumsi Nasional. Kekurangan beras tersebut dipenuhi dari impor. Impor beras yang dilakukan secara terus menerus akan dapat mengancam ketahanan pangan Nasional. Untuk mendukung ketahanan pangan perlu dilakukan pemanfaatan hasil pertanian yang lain termasuk dengan pertimbangan ketersediaan yang besar serta nilai gizi yang memadai.karena makanan atau pun minuman tidak hanya halal tapi harus thoyyiban seperti dalam firmannya dalam surat al baqaroh ayat 168 yang berbunyi:
artinya: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
Jagung sebagai sumber karbohidrat merupakan komoditas strategis yang dapat dikembangkan menjadi pangan pokok. Dilihat dari nilai gizinya jagung mngandung protein yang lebih tinggi (9,5 % ) dibanding dengan beras (7,1 %). Selain itu jagung sudah dijadikan makanan pokok oleh sebagian masyarakat. Untuk mendukung pengembangan jagung menjadi pangan pokok, diperlukan teknologi pengolahan yang menghasilkan produk jagung yang dapat diterima secara organoleptik serta praktis (Convenient) atau mudah cara persiapannya. Salah satu produk yang dapat dikembangkan adalah susu jagung.
            Dari data di atas kita dapat menyimpulkan bahwa dengan kita membuat inovasi bahan jagung kita mendukung adanya pengurangan konsumsi beras yang jelas akan di dukung oleh masyarakat sekitar terutama pemerintah.dan dengan inovasi ini juga masyarakat tidak akn bosan dengan terus bermunculannya kreasi baru dari jagung.           
            Semoga dengan terciptanya produk ini maka permintaan terhadap produk minuman lokal semakin meningkat, terutama pada produk yang kami ciptakan dan mengurangi pengkonsumsian terhadap beras.
1.3            TUJUAN USAHA
*               Meningkatkan kesehatan masyarakat indonesia melalui minuman
*               Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan kepuasan bagi konsumen
*               Menciptakan lapangan pekerjaan untuk yang lainnya.
*               Memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.
*               Menciptakan peluang usaha baru.
1.4            VISI DAN MISI USAHA
        “ Menjadikan “SUJU ICE” menjadi produk yang berkualitas tinggi dan bisa bersaing di kancah internasional.“
Misi Usaha
*           Menciptakan produk yang berkualitas tinggi secara produk dan moral.
*           Mengutamakan pelayan dengan cepat, tepat, efisien dan berkualitas..
*           Menciptakan inovasi dan kreatifitas tinggi sesuai kebutuhan pasar.
*           Menjadikan SUJU ICE produk yang melekat di benak masyarakat dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi.
*           Menciptakan layanan purna jual yang memuaskan dengan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif.
1.5            STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
stuktur organisasi dalam perusahaan yang kami butuhkan adalah sebagai berikut :


1.6            MODEL BISNIS YANG DI TERAPKAN             
Model bisnis yang di terapkan yaitu menjual minuman jus jagung dengan membuka outlet-outlet di bebrapa tempat yang strategis tentunya di antaranya kami akan membuka pertama kali di margonda depok karena margonda adalah pusat pemerintahan depok,dan pusat bisnis di depok.dan kota depok pun merupakan perbatasan Jakarta,bogor,tasikmalaya,bekasi dan itu merupakan peluang untuk pemasaran melalui word of mouth.(dari mulut ke mulut)




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Analisa Usaha
  2.1.1 Analisan Konsemen
Menurut data BPS kabupaten depok , diperkirakan jumlah penduduk akan mencapai jumlah 1.610.000 jiwa dan kepadatan penduduk mencapai 7.877 jiwa per km2.sehingga perkembangan rata-rata 4,23 % per tahun. Peningkatan tersebut disebabkan tingginya angka migrasi setiap tahunnya. Pada tahun 2010.dari data tersebut saya hanya mengambil 2% dari jumlah penduduk secara keseluruhan yaitu 32.200 jiwa.jadi jika dalam sehari saya produksi 500 cup di beberapa outlet berpeluang besar untuk habis.sasarana utama produk kami adalah remaja karena remaja merupakan konsumen terbesar minuman jus.tapi tidak menutup kemungkinan anak-anak dan orang dewasa pun banyak yang mengkonsumsi jus.kebanyakan penduduk di depok termasuk remaja.
Namun kedepannya saya berharap “SUJU ICE“ mampu menguasai pasar MEA bahkan seluruh dunia.
2.1.2 Analisa Produk
           Dalam hal ini saya menggunakan SWOT analisis, yakni dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari produk tersebut.
A.    Strength ( Kekuatan )
               Kekuatan dari produk ini yaitu, antara lain :
*     Produk inovasi baru yang pasti akan mengundang kepenasaranan khalayak umum
*     Produk berkualitas
*     Harga terjangkau
*     Bentuk produk menarik
*     Banyak di cari oleh semua kalangan.
*     Banyak di butuhkan juga oleh masyarakat luas.
*     Dengan rasa varian sesuai selera.
B.    Weeknest ( Kelemahan )
                 Adapun kelemahan dari produk ini yaitu, antara lain :
*     Banyak produk sejenis  yang sama.
*     Produk tidak tahan lama.

C.    Oportunity ( Peluang )
                  Peluang dari produk ini untuk laku di pasaran yaitu, antara lain :
*     Banyak orang yang mmbutuhkan minuman setiap  harinya karena kebutuhan kita per hari akan air yaitu 2  liter dan 75 % tubuh kita adalah air.
*     Permintaan pasar terhadap minuman sangat tinggi karena setiap orang pasti membutuhkan minuman.
*     Karena produk merupakan inovasi baru memungkinkan banyak orang akan penasaran mencoba produk yang kami buat.
D.    Treath ( Ancaman )
      Ancaman bagi produk ini yaitu, antara lain :
*     Adanya pesaing baru yang meniru produk tersebut.
*     Banyaknya pesaing-pesaing yang sudah ada sebelumnya.

    2.1.3 Analisa Kompetitor
             Dalam usaha ini untuk hal pesaing cukup banyak bagi produk tersebut. Mulai dari produk yang sejenis sampai dengan produk yang dapat di menggantikan produk tersebut. Jika di daerah parung sendiri belum ada yang menjual khususnya produk minuman yang kami buat. Adapun pesaing yang sudah ada di daerah parung  di antaranya yaitu :
*     Outlet –outlet pop ice
*     Outlet –outlet cappucino cincau.
*     Outlet-outlet jus buah lainnya
2.2 Marketing  Mix
            Sering disebut juga dengan analisis 4P (Product, Price, Place, and Promotion).
a.      Product ( Produk )
            Produk yang kami ciptakan yaitu “SUJU ICE“. Dengan berbahan dasarkan dari bahan  alami yaitu jagung yang dapat dengan mudah di dapat di pasar dan harganya pun terjangkau .dan bahan baku tidak susah untuk di dapatkan, dan ketika bahan baku mahal masih banyak alternatif yang bisa di gunakan seperti menanam jagung sendiri.
Cara pembuatannya pun tidak sulit dan tidak harus mempunyai keahlian khusus untuk membuatnya. dan kemasannya pun di kemas dengan menarik dan praktis  dengan kemasan yang di desain khusus yang bisa di gunakan tidak hanya untuk kaum remaja saja juga keseluruhan secara umum terbuat dari cup yang inovatif
b.     Price ( Harga )
           Untuk harga yang saya tetapkan yaitu dengan harga rata-rata dari pesaing sejenis, dengan harga jual produk mulai dari harga Rp 5.000 percup. .Namun harga tersebut dapat berubah sesuai dengan perubahan biaya produksi dan biaya lainnya keunggulan ini juga dengan harga terjangkau konsumen dapat mendapatkan barang yang menarik juga berkualitas..
c.      Place ( Tempat )
           Tempat pelaksanaan pemasaran produk saya, untuk sementara akan di laksanakan di jl.raya margonda dan untuk selanjutnya akan di buka beberapa cabang di beberapa tempat yang strategis seperti pasar parung, pasar bogor dan  juga ITC dan lain sebagainya.
d.     Promotion ( Promosi )
a.      Word of mouth
Mempromosikan secara personal kepada kerabat  terdekat, dengan menunjukkan berbagai keunggulan produk, seperti kualitas miniman, kualitas pelayanan, packaging yg menarik, harga yang murah dan promo-promo per-event tertentu. Menurut penelitian yang dilakukan Onbee Marketing Research, 89% konsumen Indonesia lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga pada saat memutuskan untuk membeli sebuah produk.
b.      Packaging
Menggunakan pengemasan yang menarik dengan desain khusus dan detail sehingga lebih menarik pembeli. Kemasan akan menggunakan bahan dasar plastik.

c.      Bonus pelanggan
Setiap pelanggan yang melakukan transaksi seharga Rp100.000,00 berhak mendapatkan kupon. Jika terkumpul kupon sebanyak 5 buah, dapat ditukarkan satu buah kaos bergambar SUJU ICE. Yang juga dapat dijadikan alat promosi.
d.      Branding Image
Mengajak mahasiswa yang menjadi salah satu tokoh di dunia kampus, seperti mahasiswa berprestasi, band terkemuka dikampus dan pemimpin organisasi kampus untuk menggunakan kaos promosi yang berlogo produk kami.
e.      Bekerjasama dengan event kampus
Membuka stand pada berbagai event kampus dan acara besar di Kota Depok. Tujuan utamanya adalah dengan mengenalkan produk ke berbagai kalangan. 
f.       Media Publikasi
Menggunakan berbagai media untuk mengenalkan produk baik dari media elektronik maupun media cetak. Langkah pertama lebih melalui media elektronik yang berupa jejaring sosial agar membuat konsumen merasa lebih mengenal produk



2.4 Packingdan Branding
            2.4.1 Packaging
       Untuk kemasan produk kami desain dengan sekreatif mungkin dan kemasan itu bisa mewakili produk itu sendiri dan melewati kemasan itu juga bisa bahan untuk promosi.kemasan kami ambil dari cup yang di desain khusus yang tentunya berbeda dengan cup-cup biasanya.
2.4.2 Branding
        Untuk merek kami ambil dari nama artis korea yang saat ini booming di kalangan remaja yaitu SUJU ICE agar gampang di ingat dan melekat di benak masyarakat.


2.5 Operasional Usaha
    2.5.1 Perhitungan Modal
a. Modal Tetap                   
NO
NAMA ALAT
JUMLAH
HARGA
1
Sewa tempat
1 ruko
                    Rp 4.900.000 perbulan
1
Pisau
2
Rp30.000
2
Blender
1
Rp200.000
3
Kompor gas kecil
1
Rp150.000
4
Panci
1
Rp30.000
5
Sendok
1 lusin
Rp20.000
6
Tabung gas
1
Rp150.000
7
Meja
1
Rp1.000.000
8
Nama toko
1
Rp500.000
9
Lampu
3
Rp100.000
10
Gaji pegawai
5 orang
10.000.000 per bulan
TOTAL
Rp.17.080.000



b. Modal Lancar Perhari                   
NO
BAHAN
BANYAK
HARGA
1
Cup
500 buah
Rp100.000
2
Penutup cup
500 buah
Rp50.000
3
es cream
5 liter
Rp265.000
4
Sedotan
500 buaah
Rp50.000
5
Jagung
50kg=±(21 buah)
Rp400.000
6
Susu kental manis
25 kaleng
Rp250.000
7
Gula
10 kg
Rp90.000
8
Chocochip
3 liter
Rp45.000
9.
Buah-buahan lain
5 kg
Rp.50.000
10
Biaya tak terduga dan ongkos belanja
-
Rp.50.000
TOTAL
Rp 1.350.000





2.5.2 Harga Jual
            Dari modal lancar perhari menghasilkan 500 buah:
    HPP =
                      = = Rp 2700

           








BAB III
Rencana Usaha

3.1   Rencana operasi
3.1.1                   Teknik Pelaksanaan Bisnis
a.      Konsultasi
Kegiatan konsultasi ini dilakukan dalam bisnis yang di jalankan, tentunya untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang kemungkinan akan terjadi dalam pengelolaan bisnis di kemudian hari.
b.     Riset pemasaran
Kegiatan riset ini sangatlah diperlukan untuk menganalisis peluang pasar untuk produk yang dihasilkan. Dan juga tentunya melihat minat masyrakat akan produk kami.
3.1.2                   Desain Produksi
Dalam hal desain produk, kami memilih desain yang mudah diingat oleh konsumen. Hal ini di lakukan agar setiap konsumen yang membeli produk kami, senantiasa mengingat logo desain kami. Pemilihan nama produk pun demikian, pemilihan nama “SUJU” untuk produk kami, karena melihat dari perkembangan trend masa kini yang sedang mengidolakan artis-artis luar negeri khususnya artis Korea, yang tentunya salah satu dari artis itu Boyband Super Junior yang biasa dipanggil “SUJU”, yang pada akhirnya apabila konsumen mendengar dan melihat nama produk kami, konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk kami.




3.1.3                   Cara Distribusi
Dalam hal pendistribusian produk kami kepada konsumen, kami melakukan berbagai hal. Pertama dan biasanya konsumen datang langsung ke kios kami, sehingga kami langsung melayani mereka. Selanjutnya dalam hal pemesanan (delivery order), dalam tenknis pemesana ini kami menyediakan untuk konsumen beberapa pilihan. Ada pilihan menelepon langsung ke kami, atau melalui iklan yang kami pasang di berbagai sosial media.

3.1.4                   Penggunaan Teknologi dalam Produk.
Dalam membuat produk, kami menggunakan dan memanfaatkan berbagai teknologi saat ini. hal ini bertujuan untuk memudahkan dan menambah hasil produksi kami. Sehingga kami dapat melayani konsumen dengan baik dan tentunya mengharapkan kepuasan konsumen akan pelayanan dan produk kami. Tidak hanya dalam hal pembuatan produk kami, dalam hal pemasaran dan pendistribusian produk pun, kami menggunakan teknologi yang berkembang masa kini. Diantara tekonologi yang kami gunakan dalam hal pemasaran dan pendistribusian, kami memasang iklan produk dengan memanfaatkan media cetak yang ada, seperti melalui spanduk, pamflet, poster dan sebagainya. Di media elektronik pun kami memanfaatkan teknologi yang ada, seperti adanya layanan
3.2  Perencanaan SDA dan SDM
            Bahan pokok  untuk produksi yaitu jagung  sangat mudah di cari di pasaran apalagi jika membeli langsung dari petani jagung ongkos produksi akan lebih murah.dan kita bisa membantu petani jagung untuk menyalurkan hasil taninya karena dalam menahadapi MEA 2015 Ini petani harus lebih di berdayakan.
Dan selanjutnya yaitu pengelolaan  SDM,SDM merupakan kunci inti dari keberlangsungan suatu kegiatan ataupun usaha. Tanpa adanya SDM maka suatu kegiatan ataupun usaha pastilah tidak akan mungkin ada, karena SDM dapat berfungsi sebagai perencana, pelaku, pengawas usaha Dan untuk pengelolaan sumber daya manusia sebagai berikut :
Jabatan
Tingkat Pendidikan
Usia
Jenis Kelamin
Keterampilan Khusus
Direktur
DIII
Minimal 20 tahun
Pria/ Wanita
Bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan pengambil keputusan yang tepat
Manager produksi
DIII
Minimal 20 tahun
Pria/ Wanita
Mengetahui dengan pasti proses produksi yang dalam hal ini adaah proses produksi jagung dengan brand Unique Corn dan bertanggung jawab atas tugasnya.
Manager SDM
DIII
Minimal 20 tahun
Pria/ Wanita
Komunikatif serta memiliki kemampuan dalam mengelola masalah mengenai SDM
Manager Keuangan
DIII
Minimal 20 tahun
Pria/ Wanita
Mampu melakukan pencatatan keuangan dengan baik dan bertanggung jawab
Manager Pemasaran
DIII
Minimal 20 tahun
Pria/ Wanita
Komunikatif, supel serta memiliki motivasi kerja yang tinggi

3.3  Rencana Keuangan
Modal yang di butuhkan untuk membangun usaha ini adalah sebagai berikut :
17.080.000    +  1.350.000   =18.430.000
3.3.1  Perhitungan L/R
            Omset        500 X 5000      = Rp 2.500.000
            Hpp + Biaya                    = Rp 1.350.000
            Laba Bersih                     = RP 1.150.000 per hari
Jika dalam waktu satu bulan maka laba bersih nya 30 x1.150.000=34.500.000 perbulan
Dan dalam waktu setahun maka laba bersihnya      34.500.000x 12 =414.000.000 pertahun
3.3.2 Analisa Keuntungan
            Break event point (BEP) =
            Break event point (BEP) =
            Rate of return on investement (ROI) =
            Rate of return on investement (ROI) =

3.3.3 Proyeksi keuntungan

3.4 AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)
            Dampak lingkungan dalam menjalankan bisnis ini adalah tongkol jagung nya dan bekas kemasan dari platik.untuk badan jagung kita buang bisa jadi pupuk atau jika di keringkan bisa untuk bahan bakar dan itu tidak akan menggaggu alam karena jagung berasal dari alam dan kembali kea lam melebur menjadi satu lagi dengan alam menjadi tanah.dan tidak terlalu bermasalh dengan alam.dan untuk bekas kemasanya yaitu cup bisa di jadikan kreasi seperti pajangan,hiasan dinding dan bisa di manfaatkan oleh tangan-tangan kreatif masyarakat.dan bisa juga menjai peluang usaha baru untuk masyarakat sekitar.seperti gambar di bawah ini:
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
3.5 Rencana Pengembangan Usaha
            Rencana Usaha yang ingin kami Bangun Adalah franchise agar suju ice ini bisa di nikmati oleh masyarakat luas dan suju ini tidak hanya di miliki oleh satu perusahaan saja tapi semuanya bisa memiliki.lebih luas jaringan nya bisa lebih banyak lagi yang membuka lapangan pekerjaan untuk yang lainnya jadi bisa ada kerjasama antara pemilik modal dengan yang mempunyai keahlian saling bersinergi dan untuk mengurangi pengangguran Indonesia karena pengangguran setiap tahunnya semakin meningkat.sampai 7,39 juta jiwa (baca:www.bps.go.id)
Tahapan yang di rencanakan sebagai berikut :

BAB I
V
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
       Sebagai seorang wirausahawan kami akan menekuni usaha ini dan kami berinisiatif untuk membuat  dan membuka cabang lebih banyak lagi. Dan kami akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini, dan menurut saya usaha SUJU ICE ini dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan juga dapat membuka peluang dalam penerapan tenaga kerja .
         Menurut pandangan kami usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun zaman sekarang ini banyak berbagai macam minuman yang tergolong mewah bertebaran di mana-mana,akan tetapi kami optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan. kami akan berusaha dengan kemampuan yang kami miliki agar usaha ini berjalan dengan lancar dengan ketekunan,kerja keras,strategi dan kekuatan doa.
            Karena dari tahun sekarang dan sampai beberapa tahun kedepannya di prediksi akan semakin banyak orang yang menyadari akan kesehatanya dan untuk kembali ke alambegitu pun  membutuhkan minuman sehat  seiring dengan berjalannya waktu dan life style yang berlaku atau yang sedang trend saat ini.dengan keadaan inilah memberikan peluang yang besar untuk kedepannya.karena kesehatan adalah sebuah harga mahal untuk kita semua.










Lampiran
1.1 Proses Produksi        
CARA MEMBUAT SUZU ICE
Siapkan peralatan dan bahan sebagai berikut:
Bahan:
·       Gula cair= 100mg
·       Jagung rebus=1/2 buah
·       Es batu=200mg
·       Susu kental manis rasa =50mg
·       Air matang=100mg
·       Es cream=100mg

Peralatan:
·       Sendok
·       Gelas besar
·       Blender
·       Pisau
·       Sedotan
·       Penutup gelas


 






Tahap pembuatan:
1.     Jagung yang sudah di rebus di sisir terlebih dahulu.
2.     Siapkan es batu, gula cair, susu kental manis, dan es cream, dan jagung untuk di blender.
3.     Lalu masukan es batu dan air terlebih dahulu kedalam blender, kemudian selanjutnya masukan gula cair, lalu susu kental manis, kemudian jagung rebus.
4.     Setelah itu blender semua yg sudah di masukkan selama 2 menit.
5.     Kemudian masukkan minuman yang sudah di blender ke dalam gelas.
6.     Lalu masukkan es cream, chocochip, dan tutup gelas dengan tutupan gelas.
7.     Dan masukkan sedotan melalui tutupan gelas.
1.2 PETA LOKASI


Lokasi usaha sagat strategis di jalan raya margonda yang merupakan pusat bisnis,pusat keramain kota depok,bisnis yang ada di jaan raya margonda bermacam-macam seperti KfC,Burger Grill,warung steak,roti bakar edy,batagor ikhsan,detos,mall depok,itc depok,mitra 10,pusat automotive

·       Luas tanah 164 m2 (8x20)
·       Bangunan 300 m2
·       Shm
·       Kamar mandi 2
·       Listrik 220 watt
·       Di pinggir jalan raya
·       3.5 lanta
Foto produk
Foto kemasan
 


                                                                           
Testimony  konsumen:
Mantapsss SUJUnya..bikin ketagihan….
Ueeenak bangets..harus di kembangkan
 

 

                                      


                           


Contoh poster



        Pata Lokasi................................................................................................................................... .23
        Foto  dan Kemsan..........................................................................................................................24
       Testimony konsumen.....................................................................................................................25
       Contoh poster.................................................................................................................................26
Share:

0 komentar:

Posting Komentar